Tips dan cara berbicara dengan anak yang beranjak remaja

 (sumber: babylonish.com)

Tahun-tahun masa remaja memang membingungkan untuk para orang tua. Anak-anak yang dulu tampaknya begitu terbuka dan penuh ekspresi tiba-tiba saja menutup diri mereka.

Sebagai orang tua, perhatian utama Anda pastilah berkomunikasi dengan anak remaja Anda. kebanyakan orang tua berjuang untuk mendapatkan sesuatu yang lain yaitu berupa respons yang baik dari anak remaja mereka.

Sangat penting bagi Anda untuk bersikap lembut ketika mendekati anak remaja Anda. Anda ingin anak Anda terlibat dalam percakapan tanpa menempatkan mereka pada pertahanan atau menyebabkan mereka pada kemunduran.

Meskipun hal ini terlihat menantang, Anda mendapatkan hal yang besar ketika melakukan hal ini. Ada beberapa strategi yang dapat Anda lakukan untuk memastikan bahwa Anda menumbuhkan komunikasi yang kuat dan hubungan yang baik dengan anak remaja Anda.

Ajukan pertanyaan tidak langsung untuk percakapan Anda dengan remaja Anda. Jika Anda menanyakan pertanyaan secara langsung, dia mungkin akan menjawab sepatah dua kata saja. Tujuan dari ucapan Anda haruslah mendorong mereka untuk membicarakan hal-hal dari perspektif yang lebih luas. Untuk melibatkan anak Anda dalam percakapan tentang suatu masalah, pertimbangkan dulu apa yang seharusnya Anda katakan dan sampaikan kepadanya, walaupun secara tidak langsung tapi haruslah terkait dengan masalah Anda itu. Anda akan membantu mereka dan memberi mereka kemudahan dalam berdiskusi tentang apa yang ada di pikiran mereka.

Berbicaralah tentang hobi mereka. Aktiflah memperhatikan hobi mereka. Jika mereka melakukan sesuatu yang tidak Anda tahu, pertimbangkan untuk belajar lebih banyak tentang itu sehingga Anda dapat menanyakan hal-hal menarik dari hobi dan kegiatannya sehari-hari.

Dengarkan anak remaja Anda dan hindari menjadi seorang guru untuknya. Sebagian besar remaja akan menghindari percakapan jika mereka harus mendengar ajaran dari Anda yang berlaku sebagai seorang guru. Anda ingin remaja Anda tahu bahwa Anda tertarik pada apa yang mereka katakan. Jangan menghakimi mereka dulu dan biarkan mereka berbicara dengan bebas.

Perhatikan bahasa non-verbal. Remaja Anda dapat mengirimkan banyak pesan tentang apa yang ada di pikiran mereka melalui komunikasi non-verbal mereka. Anda juga dapat melibatkan mereka dalam komunikasi dengan meletakkan tangan Anda di sekitar mereka atau menepuk mereka di belakang, mendorong mereka untuk terbuka kepada Anda.

Ingat bahwa tujuan Anda akan mengirimkan pesan kepada remaja Anda bahwa Anda menyediakan lingkungan yang aman yang dapat memelihara mereka dan juga lingkungan yang bisa berbagi keprihatinan, ketakutan, dan kepentingan dengan mereka.

Selalu luangkan waktu untuk menerima perasaan remaja Anda bahkan jika Anda tidak setuju dengan mereka. Anda harus mendengarkan anak remaja Anda jika Anda ingin mereka untuk terbuka. Hindari melompat masuk ke dalam masalah mereka dan menawarkan saran dengan segera. Anda harus membantunya untuk mencari jawaban dengan cara yang positif.

Anda juga dapat menyemangati remaja Anda untuk berbagi lebih banyak dengan berbicara lebih banyak kepada mereka. Sesekali, bicarakanlah tentang masalah Anda dengannya dan mintalah pendapat dia. Dengan begitu, dia akan merasa “dianggap” oleh Anda.

Anda akan terkejut betapa mudahnya membuat anak remaja Anda untuk terbuka dengan Anda setelah Anda mempraktekkan hal-hal diatas.

Berikanlah anak-anak Anda lingkungan yang penuh dengan cinta kasih, dan mereka akan lebih mudah menyambut Anda ke dalam kehidupan mereka.(matsoekir/dbs)
Tag : tips
0 Komentar untuk "Tips dan cara berbicara dengan anak yang beranjak remaja"

Back To Top