Wisata Desa Tradisional Tenganan Bali yang masih asli dan unik yang wajib dikunjungi



Tenganan adalah salah satu objek wisata di Bali yang merupakan desa tradisional di Bali, Kabupaten Karangasem, Bali. Kira-kira 10 km Utara pariwisata Candidasa atau 70 km dari kota Denpasar.

Di tengah meluasnya industri pariwisata dan gempuran modernisasi, masyarakat Tenganan yang disebut-sebut sebagai Bali Aga atau Bali Asli yaitu penduduk Bali asli yang tidak terlalu banyak mendapat pengaruh luar tetap mempertahankan awig-awig mereka, rumah dan adat tetap dipertahankan seperti aslinya yang tetap eksotik.

Desa Tenganan pegringsingan diapit oleh dua bukit, Pemukian di desa ini berpetak-petak lurus dari utara ke selatan dengan luas pekarangan yang sama, terlihat persamaan hak yang diterapkan kepada seluruh penduduk.

Sehingga desa ini betul-betul unik, dari bentuk bangunan dan pengaturan rumah penduduk yang berderet-deret dengan berujung di sebuah pura desa tua, memang betul-betul lain dengan model perkampungan.

Aktivitas keseharian warga Tenganan Pegringsingan yakni bertani atau pun menekuni usaha kerajinan.Ingin meresapkan arti kehidupan masyarakat tradisional Bali sesungguhnya, maka Desa Tenganan menjadi pilihan utama. Saatnya kunjungi Desa Tenganan.(mat soekir/dbs)


Tag : Travel
0 Komentar untuk "Wisata Desa Tradisional Tenganan Bali yang masih asli dan unik yang wajib dikunjungi"

Back To Top