Manfaat daun kelor bagi kesehatan beserta cara memakainya

Tanaman kelor mungkin bukan nama yg sudah tak asing di telinga orang.Tanaman kelor atau merunggai yang dalam bahasa asingnya Moringa oleifera sudah dikenal sejak dulu.Salah satu yg paling dikenal dari tanaman kelor adalah konon daunnya bisa untuk menghilangkan tuah dari ilmu kesaktian yg dimiliki seseorang. Penggunaannya dengan cara daun kelor disabetkan pada tubuh orang yg berilmu,agar tuah ilmunya hilang.

Tanaman kelor,seperti yang kita kenal mempunyai daun berbentuk bulat telur dengan ukuran kecil-kecil bersusun dalam satu tangkai dan tanaman ini ini memiliki ketinggian batang 7—11 meter.
Sebenarnya sejak dulu daun kelor jg sudah dimanfaatkan untuk sayuran dan obat-obatan.Daun kelor bisa dimanfaatkan untuk obat-obatan,dan ternyata setelah diteliti dalam daun kelor terkandung antioksidan, asam amino, magnesium dan nutrisi.

Beberapa manfaat daun kelor bagi kesehatan beserta cara memakainya:

1.Penyakit dengan energi panas atau kelebihan energi seperti radang atau kanker.
Cara pemakaiannya adalah dengan merebus 3 tangkai pada segelas air setelah itu minum airnya pada  saat  masih hangat.

 2.Biduran/alergi.
Cara pemakaiannya adalah dengan ambil 1-3 daun kelor, 1 siung bawang merah dan adas pulosari.Rebus ke-3 bahan itu dalam air sebanyak 3 gelas hingga mendidih sampai tersisa 2 gelas.Saring dan dinginkan. Minumlah ramuan tersebut 2 kali sehari, pagi dan sore.

3.Reumatik, nyeri dan pegal linu.
Cara pemakaiannya adalah dengan cara tumbuk 2-3 gagang daun kelor dan 1/2 sdm kapur sirih hingga halus.Kemudian oleskan hasil tumbukan pada bagian tubuh yang sakit.

4.Luka nanah.
Cara pemakaiannya dengan  tumbuk daun kelor dengan kapur, lalu balurkan hasil tumbukan tadi pada luka.

5.Cacingan.
Cara pemakaiannya adalah dengan rebus 3 gagang daun kelor, 1 gagang daun cabai, 1-2 batang meniran dalam 2 gelas air sampai mendidih hingga tersisa 1 gelas.Saring.Airnya diminum sampai habis.

6.Rabun ayam.
Cara pemakaian adalah dengan tumbuk hingga halus 3 daun kelor.Seduh dalam 1 gelas air masak.Lalu saring.Lantas dicampur dengan madu sebanyak 1 sendok dan kemudian aduk sampai merata.Minum ramuan ini rutin sebelum tidur.(yas/dari berbagai sumber)
Tag : tips
0 Komentar untuk "Manfaat daun kelor bagi kesehatan beserta cara memakainya"

Back To Top